RSS

Jumat, 05 November 2010

Bantai Secara Manual Virus "autorun.inf" !

       Siapa yang belum pernah dengar autorun.inf ? Rata-rata para pengguna PC / Latop yang di dunia ini pasti sudah mengenalnya. autorun.inf adalah virus yang berupa text file biasa dan bisa dibuka dengan text editor seperti notepad. Ada baris-baris kode yang dapat dijumpai didalamnya. Sebenarnya ada beberapa bagian (Key) yang bisa ditulis di autorun, yaitu [Autorun], [Content], [ExclusiveContentPaths], [IgnoreContentPaths], dan [DeviceInstall].
       Apa dampak adanya virus autorun.inf di PC / Laptop anda ? Jika anda memiliki AV (Anti-Virus) yang memiliki data base virus untuk tipe autorun, maka AV tersebut akan terus muncul untuk mendelete autorun.inf. Tapi sayangnya kebanyakan AV hanya dapat mendeteksi kemunculan autorun.inf, kemudian memberitahu anda bahwa ada autorun.inf di flash disk atau di lokal PC / Laptop (Misalnya Lokal C:\, D:\, dll) anda dan menyarankan untuk mendeletenya. Lalu AV anda akan terus memberi peringatan bahwa autorun.inf ditemukan dan menyarankan untuk mendeletenya lagi, sampai seterusnya. Tentu hal ini akan mengganggu kita, jika AV kita terus memberi peringatan pada kita bahwa autorun.inf ditemukan terus-menerus.
       Tahukah anda bahwa autorun.inf yang didelete itu hanyalah bagian dari virus yang sebenarnya (induknya). Jadi bagaimana cara membantai virus ini secara manual ? Berikut langkah-langkahnya :

  1. Ubah tampilan direktori (klik My Computer / Explore anda, klik menu Tools, klik Folder Options..., klik tab View).
  2. Pada pilihan Hidden files and folders, klik / aktifkan “Show hidden files and folders”, uncek atau matikan “Hide extension for known file types” dan “Hide protected operating system files (Recommended)
  3. Klik tombol OK
  4. Coba masuk ke lokal C:\ dan cari folder RECYCLER atau ketikkan pada kotak Address C:\RECYCLER kemudian tekan enter
  5. Jika virus ada disana, anda akan menemukan direktori seperti ini “S-1-5-21-1482476501-1757981266-682003330-1003″. Virus ada didalam direktori tersebut. Coba hapus ! (Klik kanan pada RECYCLER, pilih Delete). Kemudian anda tinggal menghapus file autorun.inf yang ada di C:\.
       C:\ menunjukkan lokal yang ingin dicek, jika ingin cek lokal lain anda tinggal mengubah C:\ menjadi drive letter yang sesuai dengan lokal, misalnya D:\ atau E:\. Untuk mengetahui drive letter lokal yang akan dicek silakan buka My Computer anda dan lihat tulisan didalam kurung pada lokal, misalnya System (C:) atau Adi (D:) Semoga berhasil membantai autorun.inf.
        Catatan penting : autorun.inf yang dimaksud adalah yang seperti gambar dibawah, bukan autorun.inf dari Smadav (AV Indonesia) yang bergambar gembok. Untuk lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini !


 → autorun.inf Virus


                
 
autorun.inf Smadav

siapa takut autorun.inf dan virus-virus lainnya, siapa takut ? Maju ! siapa takut

Related Posts

0 komentar :


:niceinfo:

:infokacau:

:tkp:

:thxmana:

:hai:

:hmm:

:idea:

:top:

:senangnya:

:malu:

:kagum:

:thx:

:cool:

:belajar:

:pusing:

:haha:

:bingung:

:whew:

:kaget:

:sry:
[Lihat Semua Emoticon Union]

Posting Komentar