RSS

Rabu, 03 November 2010

Tentang SMA Santa Maria Pekanbaru

        SMA Santa Maria Pekanbaru adalah SMA swasta Katolik yang berdiri pada tanggal 26 Maret 1962 di Pekanbaru, Riau yang berada dibawah bimbingan Yayasan Prayoga Riau. Sekolah ini adalah tempat dimana saya bersekolah untuk tahun ajaran 2010 / 2011. Nomor teleponnya (0761) 32050. SMA yang di kepalai oleh Bapak H. Sihombing, SE. ini menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). SMA ini terkenal dengan kedisplinannya. Hampir semua SMA di Pekanbaru sudah mengakui bahwa SMA Santa Maria muridnya memiliki kedisplinan yang tinggi. Berikut informasi seputar SMA ini.

1. Lokasi
       SMA Santa Maria berlokasi di Jalan Ronggowarsito, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sail, Pekanbaru, Riau.

2. Akreditasi
       Akreditas SMA Santa Maria tahun ini (2010) adalah A.

3. Jumlah Kelas
       Di SMA Santa Maria terdapat tujuh kelas untuk kelas X. Untuk kelas XI dan XII terdapat jurusan IPA masing- masing (3 kelas) dan jurusan IPS masing- masing (4 kelas).

4. Fasilitas
       Kegiatan belajar mengajar di SMA ini ditunjang dengan beberapa fasilitas pendukung seperti laboratorium Fisika, Biologi, Kimia, dan Komputer. Sekarang juga ada gedung baru 3 tingkat yang berisi kantor guru baru, ruangan untuk kelas XII IPS (4 kelas), laboratorium Bahasa, serta perpustakaan baru. Di laboratorium Komputer, komputer telah di upgrade menjadi lebih baik (sekarang sudah menggunakan layar LCD). Selain fasilitas pendukung belajar, SMA ini juga mempunyai lapangan yang  luas di bagian depan dan belakang. Bagian depan adalah lapangan untuk apel pagi dan badminton. Sedangkan bagian belakang adalah lapangan basket dan voli.
       Bagaimana dengan tempat makan yang tersedia ? SMA Santa Maria memiliki sebuah kantin yang luas, sehingga dapat menampung para murid-murid yang sudah kelaparan dan kehausan. Tempat parkir yang disediakan ada 4, yang pertama adalah tempat parkir mobil, dua buah tempat parkir motor, satu lagi adalah tempat parkiran guru. Tempat parkir tersebut cukup untuk menampung semua kendaraan yang memasuki SMA ini.

Gambar lapangan depan SMA Santa Maria Pekanbaru

5. Pengajar
       Para pengajar di SMA ini boleh dibilang ahli. Hampir semua guru-guru yang mengajar disini sudah dikenal oleh sekolah-sekolah lain. Mereka terkenal karena cara mereka mengajar dan lama mereka mengajar. Selain itu, metode mengajar guru-guru di SMA ini dapat dikatakan kreatif. Guru-guru di SMA ini menggunakan metode yang tidak biasa digunakan oleh sekolah-sekolah lain. Itu adalah bukti bahwa guru-guru di SMA ini bisa dikatakan kreatif dan berkualitas.
       Berikut beberapa guru yang berkesan bagi saya selama saya berada di SMA ini :
  • Bu Arozanti, beliau mengajar studi Budaya Melayu. Banyak sekali budaya melayu yang dapat kita pelajari dari beliau, seperti cara buat miniatur rumah adat melayu, taplak meja dengan payat, masakan melayu, dll. Mantaplah semua yang diajarkan beliau.
  • Bu Bernadette Siti, beliau mengajar studi Agama dan sering kali menceritakan pengalaman hidupnya pada siswa-siswinya (lumayan dapat dengar cerita gratisan).
  • Bu Eleonora Simanjuntak, beliau mengajar studi PKN dan selalu menjelaskan materi pelajarannya dengan detail pada siswa-siswinya.
  • Bu Lince, beliau mengajar studi Ekonomi dan mengajar dengan sangat cepat. Anda tidak perlu takut ketinggalan materi sekolah karena pasti semuanya akan tuntas dibahas. Namun, saya tidak berani jamin anda paham 100%, karena kecepatan mengajar beliau cepat sekali. Jadi, kosongkan pikiran anda dan perhatikanlah penjelasannya baik-baik.
  • Bu Hot Maria Panjaitan, beliau mengajar studi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan merupakan guru yang terbuka dengan murid-muridnya.
  • Bu Melva, beliau mengajar studi Sosiologi. Beliau mengajar dengan canda-canda yang dapat menghibur siswanya sehingga mood belajar pun mudah didapat.
  • Bu Theresia, beliau mengajar studi Sosiologi dan Sejarah. Serunya belajar dengan beliau adalah ketika belajar dengan sistem diskusi.
  • Bu Timria, beliau mengajar studi Bahasa Inggris dan merupakan guru yang sangat disenangi oleh murid-murid di sekolah ini, karena beliau mengajarnya dengan ramah.
  • Bu Tina Lao, beliau mengajar studi Bahasa Mandarin dan sangat menyenangkan belajar dengan beliau, karena beliau juga menceritakan tentang berbagai budaya-budaya dari China, dll. Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan adalah kerajinan tangan ala Lao Shi Tina, yaitu membuat lampion.
  • Pak Alruji, beliau mengajar studi Penjas (Pendidikan Jasmani) dan dijamin tidak akan bete belajar dengan beliau, karena orangnya fun.
  • Pak Agustinus Heru Susanto, beliau mengajar studi Bahasa Indonesia dan sangat cermat dalam menganalisa kata demi kata yang diucapkan orang (sering meralat kata-kata yang kurang tepat). Belajar dengan beliau cukup menyenangkan, karena terkadang beliau akan bercerita tentang hal yang tidak berkaitan dengan pelajaran Bahasa Indonesia, jadi siswa tidak bosan dan mendapat ilmu tambahan selain ilmu Bahasa Indonesia.
  • Pak Marlon Sinaga, beliau mengajar studi Ekonomi dan sangat piawai dalam mengajar. Mengapa dikatakan piawai ? Karena beliau menjelaskan materi ajarannya dengan sangat terperinci (jika pelajaran ekonomi tidak diajarkan secara terperinci akan sulit dimengerti oleh siswa).
  • Pak Novi, beliau mengajar studi Kesenian dan menguasai hampir semua alat musik. Belajar dengan beliau akan terasa santai, tapi tugas tetap dijalankan (bukan santai sesantai-santainya).
  • Pak Petrus, beliau mengajar studi Geografi. Beliau adalah guru yang paling ramah di SMA ini.
  • Pak Syaukani Damris, beliau mengajar studi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan orangnya ramah serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.
  • Pak Tanjung, beliau mengajar studi Penjas (Pendidikan Jasmani) dan memberi arahan pada siswanya dengan sangat baik.
  • Pak Tommy, beliau mengajar studi Matematika dan merupakan salah satu dari guru Mat berkualitas di Pekanbaru.
  • Pak Torus, beliau mengajar studi Sejarah dan Geografi. Beliau adalah perpustakaan berjalan tentang sejarah. Coba saja tanya sejarah yang anda tidak tahu, beliau pasti tahu kapan terjadinya, dll.
6. Kegiatan Ekstrakurikuler
       Berbagai kegiatan ekstrakurikuler diadakan di SMA Santa Maria seperti : Basket, Voli, Futsal, Badminton, Tari Tradisional, Tari Kreasi, Tari Modern, Paduan suara, Musik, Wushu, Taekwondo, Komputer, Teater, English Club, Mandarin Club, Renang, dan Robotik. Karena banyaknya jenis kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan yang ditawarkan, siswa-siswi SMA ini dapat menambah keahlian mereka selain hanya sebagai pelajar. Mereka diwajibkan untuk memilih minimal 1 jenis ektrakurikuler, karena SMA ini tidak hanya ingin siswanya ahli dalam pelajaran sekolah, tapi juga melatih bakat lain mereka dalam bidang-bidang ektrakurikulernya masing-masing.

salut Kualitas siswa-siswinya jangan ditanya lagi, mereka pintar dan kreatif. Ampun dah.. salut

Salam,

Related Posts

7 komentar :

ZWX_EkaHarry mengatakan...

dasyat y di..
haahaa...

Charles mengatakan...

PERTAMAXX e blognya...
wkakakaka
aq copas keterangan SMA santa la...
wakakkaa

Tomy Pasquale Tamba mengatakan...

Ha???

Tomy Pasquale Tamba mengatakan...

weyyy di follow aq lah....

di pasquale19.blogspot.com

Sky_Deeper mengatakan...

@Tomy Pasquale Tamba
Yo...
W follow dah..

Anonim mengatakan...

sy bisa cari informasi lengkap tentang smu santa maria pekan baru ini dimana ya? coba buka webnya sdh ga aktif, posisi sy di jogja skrg

Joseph E. Fauzi mengatakan...

apakah ada yang berminat mau kuliah d Jerman ? Biaya kuliah rata2 GRATIS.. silahkan kontak di EFPAU@YAHOO.COM atau hp : 081.857.0857. tks.. Joseph fauzi..


:niceinfo:

:infokacau:

:tkp:

:thxmana:

:hai:

:hmm:

:idea:

:top:

:senangnya:

:malu:

:kagum:

:thx:

:cool:

:belajar:

:pusing:

:haha:

:bingung:

:whew:

:kaget:

:sry:
[Lihat Semua Emoticon Union]

Posting Komentar